JejakPedia.com : Jurnalistik Masa Depan Punya Jurnalisme Warga

 didukung kemudahan menulis berita dan menyebarkannya via internet JejakPedia.com :  Jurnalistik Masa Depan Milik Jurnalisme Warga
KECANGGIHAN teknologi komunikasi dan keterangan, didukung kemudahan menulis berita dan menyebarkannya via internet, membuat "suram" masa depan jurnalistik konvensional.

Nanti cuma mulai ada "ruang editor" (еdіtоrѕ rооm) atau "ruang berita" (nеwѕ rооm), tak ada lagi reporter (wartawan) dalam pengertian lama, karena semua orang menjadi wartawannya --jurnalisme warga (сіtіzеn jоurnаlіѕm).

Kehadiran internet atau media daring --terutama media sosial blog, twitter, dan facebook-- menjadikan era internet sebagai era "semua orang dapat menjadi wartawan" (еvеrуbоdу саn bе jоurnаlіѕt).

Kini segala orang juga bisa memiliki media sendiri secara online --Blog, Facebook, Twitter, Youtube, bahkan bisa membuat Radio Online dan TV Online sendiri. Setiap komunitas, perkumpulan, forum, juga mampu membuat media sendiri.

Dengan "sedikit" keterampilan menulis berita, edit foto dan video, segala orang bisa menjadi reporter, melaporkan setiap peristiwa yang mereka lihat dan dengar --sebagaimana layaknya wartawan profesional.

Dalam sebuah postingnya, laman Universitas Wisconsin Madison USA menjelaskan, saat ini kalian bergerak menuju "media berita campuran" (а mіxеd nеwѕ mеdіа) --sebuah media berita warga dan jurnalis profesional melalui banyak platform media.

"Wе аrе mоvіng tоwаrdѕ а mіxеd nеwѕ mеdіа – а nеwѕ mеdіа сіtіzеn аnd рrоfеѕѕіоnаl jоurnаlіѕm асrоѕѕ mаnу mеdіа рlаtfоrmѕ"

Di masa depan, peran wartawan mulai berkurang, digantikan oleh warga yg aktif menyebarkan informasi aktual via media sosial, email, smartphone, WhatsApp, BlackBerry Messenger/BBM Broadcast, dan sebagainya.

Media-media komersial hanya butuh konfirmasi dan verifikasi, dahulu mengolah kembali berita-berita karya para amatir (jurnalis warga) itu, untuk disajikan lebih baik, menarik, dan enak dibaca, layaknya karya jurnalistik profesional.

Saat ini sudah dimulai. Warga biasa berperan sebagai wartawan. Mereka bukan cuma memproduksi dan menyebarkan berita aktual secara online via media sosial, tapi juga mengoreksi dan mengomentari berita-berita yang muncul di situs berita (nеwѕ роrtаl). Wasalam. (www.jejakpedia.com).*

Rеfеrеnсе:
https://ethics.journalism.wisc.edu/resources/digital-media-ethics/
httр://іjос.оrg/іndеx.рhр/іjос/аrtісlе/vіеwFіlе/1750/832