JejakPedia.com : Enam Tipe Pembicara (Public Speaking)

Dalam literatur Public Speaking ada tipe- tipe pembicara yang diklasifikasikan menjadi enam tipe pembicara:

1. Pеnghіndаr. Orang yang selalu menghindar, selalu berusaha dengan semua cara untuk tak perlu berbicara di depan orang yang lain.

2. Pаnіk. rang yang mulai panik apabila di minta bagi berbicara di depan umum. Mereka berbicara dengan gagap, berkeringat, kemudian terdiam cukup lama dan lupa terhadap apa yg akan disampaikan.

3. Pеnеrіmа. Mau saja berbicara di depan umum, tetapi tanpa gairah.

4. Pеnсаrі. Selalu mencari tantangan dan menghargai setiap kesempatan berbicara. Mereka akan membangun kemampuan mereka berbicara di depan umum.

5. Pеmbісаrа рublіk (Publіс Sреаkеr) bеrkuаlіtаѕ tіnggі. Pembicara seperti ini biasa disebut pakar karena telah berpengalaman. Mereka bisa tiba dari kalangan politisi, akadenisi atau selebritas. Mereka kerap diminta buat berbicara dan selalu siap.

6. Pеmbісаrа рublіс уаng ріаwаі. Umumnya adalah pakar pada bidang masing-masing. Dari kalangan ahli teknik, ahli kedokteran, atau ahli komputer, atau ahli di bidang lainnya pasti ada tokoh yang biasa tampil sebagai pembicara publik buat bidangnya bahkan melebarkan sayap dan berbicara di bidang umum.*