JejakPedia.com : Dasar-Dasar Siaran Radio

hal mendasar yang harus dipahami dan dikuasai penyiar radio JejakPedia.com :  Dasar-Dasar Siaran Radio
Dasar-dasar siaran radio (basic announcing) adalah hal-hal mendasar yang harus dipahami dan dikuasai penyiar radio. Penyiar radio tak "yang berasal" ngomong di ruang siaran. Ada dasar-dasar siaran radio yg mesti diperhatikan sehingga mampu siaran radio dengan baik dan benar.

Dasar-dasar siaran radio minimal lima:

1. SMILE. Senyum. Awali dengan senyum sebelum dan sambil membuka siaran (opening) --salam, sapa pendengar, dll.-- sehingga melahirkan "Smiling Voice" yg terdengar akrab, hangat, enak didengar.

2. VISUALISASI 1. Bayangkan pendengar hanya SATU orang dan DI DEPAN kita. Visualisasi demikian akan melahirkan volume suara yg pelan namun powerful dan hangat.

3. VISUALISASI 2. Bayangkan pendengar satu orang yang di depan kita itu adalah TEMAN AKRAB, intimate friend, best friend, sehingga kalian bicara ramah, asyik, menyenangkan, dan ceria. Bicaralah layaknya ngobrol mengasyikkan dengan dia.

4. TEKNIK VOKAL. Bicaralah dengan SUARA DIAFRAGMA. Duduk tegak, jangan membungkuk, dan rileks! Bicaralah dengan artikulasi yg baik (jelas), aksenstuasi (stressing pada kata-kata tertentu), tidak monoton, tak terlalu cepat (speed) dsb.

5.  AIR PERSONALITY. Kepribadian di udara, yaitu аttіtudе (sikap) dan gaya berbicara sesuai dengan format radio, format acara, dan gaya siaran (ceria, serius, humoris).

Demikian Lima Dasar-Dasar Siaran Radio. Kenapa cuma lima? Karena Pancasila juga lima sila, he he...

Tentu masih banyak dasar-dasar siaran radio lainnya, seperti pemahaman format radio, format clock, penguasaan alat siaran, pemahaman visi-misi program acara, dan sebagainya. Stay tuned aja di blog ini ya biar gak ketinggalan! Salam Broadcter!

Sumbеr: Buku Dаѕаr-Dаѕаr Sіаrаn Rаdіо (Bаѕіс Annоunсіng) kаrаngаn Aѕер Sуаmѕul M. Rоmlі, Pеnеrbіt Nuаnѕа Cеndіkіа Bаndung.