Cara Perawatan Dump Truck Yang Terbaik Agar Lebih Awet

Cara Perawatan Dump Truck Yang Terbaik Agar Lebih Awet
Cara Perawatan Dump Truck Yang Terbaik Agar Lebih Awet

Dump truck merupakan jenis kendaraan pengangkut yang dimanfaatkan penuh untuk memindahkan material dari satu tempat ke tempat lainnya. Pemanfaatannya pun cukup sering sehingga butuh pemeliharaan yang terbaik agar lebih awet. Lantas, tahukah Anda bagaimana cara perawatan dump truck tersebut?

Harga dump truck FAW ini cukup mahal. Tetapi, masih masuk akal lantaran fungsinya memang mumpuni sebagai kendaraan pengangkut.

Seringnya pemakaian, tentunya pemilik sebaiknya rutin dalam melakukan perawatan. Tujuannya supaya kendaraan ini dapat dioperasikan secara optimal di tiap harinya.

Bagi Anda yang ingin menjaganya agar tidak mudah rewel, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Di antaranya sebagai berikut.

Rutin Mengganti Oli

Oli punya peranan penting dalam menjaga komponen mesin. Fungsinya sebagai pelumas supaya gesekan pada komponen mesin tidak menimbulkan keausan yang parah.

Pelumas ini pun memiliki masa pemakaian. Ketika melebihi masanya, fungsi dari pelumas ini akan mengalami penurunan.

Penurunan fungsi ini jelas mempengaruhi pada komponen. Dampaknya, gesekan pada komponen akan semakin kasar. Hal inilah yang membuat komponen dalam mesin cepat rusak.

Supaya tidak terjadi, gantilah oli secara berkala. Khusus untuk pergantiannya, oli ini bisa diperbarui ketika kendaraan dump truck sudah menempuh jarak sekitar 5000 km.

Disiplin dalam Membersihkan Filter Udara

Filter udara berfungsi sebagai penyaring udara dari sejumlah kotoran dari luar. Filter ini pun sekaligus melindungi komponen mesin dari kerak dan semacamnya.

Betapa tidak, filter yang baik memungkinkan kotoran tidak masuk dalam ruang bakar. Sebaliknya bila mengalami gangguan, ada kemungkinan jika kotoran masuk. Kemudian, melekat pada ruang bakar dan mengganggu sistem pembakaran.

Ketika ini terjadi, performa mesin kendaraan bisa mengalami penurunan. Tentu saja, pengoperasian dump truck akan terganggu sehingga mempengaruhi pekerjaan lainnya.

Sebelum masalahnya semakin parah, baiknya Anda melakukan pemeriksaan pada filter udara. Pastikan pula untuk membersihkannya secara rutin. Dengan begitu, kinerja kendaraan bisa maksimal.

Periksa Komponen Hidrolik Secara Berkala

Dump truck biasanya dilengkapi dengan hidrolik untuk mempercepat proses pekerjaan. Terutama dalam memindahkan material ke tempat lainnya.

Komponen ini dilekatkan dengan perhitungan yang matang. Menyesuaikan dengan ukuran dan jumlah muatan yang dibebankan pada sebuah kendaraan.

Semakin sering digunakan, komponen ini pun mengalami pengenduran atau sedikit gangguan. Kalau bermasalah, biaya mengganti komponennya akan sangat mahal.

Supaya komponennya tidak rusak parah, lakukan pemeriksaan secara rutin. Ketika menemukan adanya kerusakan ringan, segera lakukan perbaikan. Ini akan menjadi cara perawatan dump truck yang lebih murah ketimbang memperbaikinya setelah kerusakannya cukup fatal.

Panaskan Mesin Sebelum Dump Truck Digunakan

Harga dump truck Hino cukup membuat saku menipis. Tentu saja, Anda tidak ingin biaya yang Anda keluarkan ini malah menimbulkan kerugian. Contohnya kendaraan tidak bekerja secara maksimal.

Kurang maksimalnya kendaraan ini bisa disebabkan oleh kurang perhatiannya pengguna itu sendiri. Contohnya, pengendara tidak pernah memanaskan mesinnya sebelum memanfaatkannya sebagai kendaraan pengangkut.

Pasalnya, pemanasan mesin sebenarnya ditujukan untuk membantu mesin terlumasi dengan sempurna. Sebelum akhirnya kendaraan digunakan untuk mengangkut material yang cukup berat.

Ketika terlumasi, mesin kendaraan telah siap. Artinya, tidak ada kesan kaget yang membuat komponen cepat panas lantaran terlalu besar gesekannya secara tiba-tiba.

Untuk memanaskannya, Anda hanya perlu memanasinya sekitar 10-20 menit. Itu sudah cukup untuk membuat komponen mesin terlumasi dengan sempurna.

Itulah cara perawatan dump truck yang tepat. Selain itu, imbangi pula dengan memanfaatkannya sesuai dengan kapasitas muatannya. Pabrikan sudah menyediakannya dengan harga yang bervariasi. Contohnya harga dump truck Mitsubishi yang kisarannya dimulai dari Rp425 juta rupiah per unit. Informasi lengkap tentang harga dump truck bisa ditemukan pada website jualalatberat.net
Postingan Lebih Baru
Postingan Lama