Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Temui Menlu Yordania, Menlu RI Bahas Kerja Sama Terbaru di Bidang Pupuk

Menteri Luar Negara Retno Marsudi mempelajari kegiatan serupa ekonomi dengan Yordania setelah pembangunan industri patungan di industri pupuk yang pula mengaitkan BUMN.

Menlu Retno berkata kunjungannya ke Yordania merupakan buat tingkatkan ikatan bilateral kedua negeri, paling utama di tengah suasana endemi. Dalam kunjungan itu, ia didampingi oleh Ketua industri pupuk BUMN.

“ Fosfat merupakan prioritas kegiatan serupa antara Indonesia dengan Yordania. Kita sudah meningkatkan kegiatan serupa di zona ini bertahun- tahun,” tuturnya dikala press briefing di Amman, Selasa( 9/ 2/ 2021).

Ia mengatakan salah satu cerita berhasil di antara kedua negeri merupakan berdirinya industri joint venture antara Jordan Phosphate Mines Company( JPMC) serta PT Petrokimia Gresik.

Menlu Retno bertolak ke Amman, Yordania pada Senin( 8/ 2/ 2021). Setibanya, ia melaksanakan pertemuan dengan Menteri Luar Negara Yordania Ayman Safadi serta Menteri Ekonomi Yordania pada hari ini.

Setelah pertemuan dengan Menlu Yordania, Retno hendak berjumpa dengan Menteri Ekonomi buat memperdalam kegiatan serupa terpaut dengan fosfat, antara lain joint venture.

Indonesia pula sudah menganjurkan akad perdagangan preferensial( preferential trade agreement) dengan Yordania serta berambisi menemukan asumsi positif dari Yordania atas usulan ini.

“ Serta kita pula akur buat menuntaskan seluruh akad yang tertunda tercantum MoU mengenai kontra- terorisme. Jadi aku berambisi seluruh perjanjian yang tertunda dapat dituntaskan tahun ini,” tuturnya. 

Berlangganan via Email