Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lava Dingin Gunung Semeru Terbaru yang Sempat Viral

 


Beberapa waktu akhir- akhir ini lava hujan ataupun yang sering diucap lava dingin menerpa Gunung Semeru. Dalam suatu video yang tersebar di media sosial, lava hujan itu sempat menarik suatu mobil.

Peristiwa yang terjadi di Gunung Semeru itu juga tiba- tiba marak, serta jadi viral. Kemudian, apa itu lava hujan ataupun yang sering diucap lava dingin oleh banyak orang?

Bersumber pada file Identifikasi Gunung Api dalam laman Kementerian Energi serta Sumber Daya Mineral, lava hujan terjalin bila sedimen material bebas hasil erupsi gunung api yang diendapkan pada pucuk serta lereng terangkut oleh hujan ataupun air dataran.

Gerakan lava ini berbentuk gerakan lumpur yang amat kental alhasil bisa mengangkat material bermacam dimensi. Gumpalan batu berdiameter lebih dari 5 m apalagi bisa terapung pada gerakan lumpur ini. Lava pula bisa mengganti topografi bengawan yang dilewati serta mengganggu prasarana.

Tidak hanya lava hujan, ada pula lava dentuman yang yang terjalin pada gunung api yang mempunyai danau kawah. Bila daya muat air alam kawah lumayan besar, maka bakal jadi bahaya langsung dikala terjalin dentuman dengan menumpahkan lumpur panas.

Untuk diketahui, bersumber pada video yang ada dalam akun instagram@mountnesia, video berdurasi 30 menit itu membuktikan lava hujan di Gunung Semeru menarik suatu mobil di DAM Sumbersari, Dusun Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

Berlangganan via Email