Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tempat Wisata Unik Terbaru Di Blitar, Jawa Timur

Blitar adalah sebuah kabupaten kecil yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur. Blitar berasal dari kata Balitar. Blitar juga dikenal sebagai Kota Proklamator. Hal ini dikarenakan Blitar menjadi tempat pemakaman Presiden Pertama Republik Indonesia yaitu Bung Karno. Karena itulah tempat ini sangat didominasi dengan nuansa sejarah, adat dan budaya yang masih kemtal.

Selain itu, Kota Blitar ini memiliki sederet destinasi wisata yang sangat indah namun belum banyak orang yang mengetahuinya. Tempat-tempat wisata tersebut sangat unik dan menarik untuk dikunjungi. Tentunya sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto dan mengahabiskan waktu untuk menghilangkan penat. Berikut ulasan dari masing-masing destinasi wisata yang ada di Kota Blitar.

8 Tempat Wisata Unik Terbaru Di Blitar, Jawa Timur

1. Pantai Tambakrejo

Kota Blitar yang berada di bagian Selatan Jawa Timur menjadikan Blitar cukup dekat dengan kawasan pantai. Salah satu pantai yang wajib banget dikunjungi ketika berada di Kota Blitar adalah Pantai Tambakrejo. Pantai ini memiliki letak 30 km dari pusat kota Blitar sendiri. Bagaimana, cukup dekat, bukan?

Pantai Tambakrejo

Pantai ini tepatnya terletak di desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Para pengunjung dapat menikmati indanya ombak yang menerpa batu karang, serta bermain diatas hamparan pasir putih di tepi pantai. pemandangan dipantai ini juga sangat instagramable lho, cocok untuk anak muda maupun bersantai dengan keluarga.

Eits, selain pemandangan yang bagus pantai ini masih kental dengan budaya juga lho! Pantai Tambakrejo Blitar biasa  digunakan untuk upacara budaya Larung Sesaji dimana kegiatan prosesi ritual ini digelar setiap satu tahun sekali pada tanggal satu suro / 1 muharram.

2. Air Terjun Tirto Galuh

Lokasi air terjun ini terdapat di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Keunikan air terjun ini terdapat pada airnya. Air yang mengalir pada air terjun ini berasal dari satu aliran sungai, namun air yang terjun ke bawah ada beberapa titik. Karen hal tersebut, membuat tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Air Terjun Tirto Galuh

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tujuan destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Panorama alam yang sangat indah dengan perpaduan warna biru pada air, tebing tempat air terjun, serta warna langit yang cerah. Dominasi warna yang sempurna dan sangat memanjakan mata.

Udaranya yang masih sangat alami dan asri cocok untuk menghilangkan stress dan penat. Tak heran tempat ini juga banyak dikunjungi para wisatawan. Sederet spot  yang menarik untuk dijadikan background foto kamu di laman media sosial. Untuk dapat masuk ke daerah air terjun ini berada, kamu hanya perlu membayar ongkos parkir sebesar dua ribu rupiah saja, lho. Bagaimana? Tempat ini sangat unik dan menarik, bukan?

3. Wisata Kampung Coklat Blitar

Kalau kamu mau berwisata di akhir pekan atau liburan bareng keluarga ke kota Blitar, Kampung Coklat Blitar jadi solusi banget nih. Kampung Coklat terletak di Jalan Benteng Blorok no 18 Desa Plosorejo, Kademangan, Kabupaten Blitar. Selain pemandangan yang menarik, Kampung coklat juga menawarkan edukasi untuk para pengunjungnya. Destinasi wisata unik yang sangat dirokendasikan untuk kamu kunjungi. Ya, sesuai namanya, ketika berada di tempat ini kamu akan banyak mencicipi makanan berperisa cokelat yang manis dan lezat.

Wisata Kampung Coklat Blitar

Tempat ini sangatlah unik. Karena selain bisa memakan banyak makanan cokelat, pengunjung juga bisa mendapatkan pengetahuan seputar cokelat lebih mendalam. Pengetahun tersebut di antaranya tata cara pembibitan, penanaman, serta tata cara untuk memeliharanya. Selain itu kamu juga akan mendapat pengetahuan bagaimana mengolah kakao menjadi olahan cokelat yang lezat dimakan. Bagi mereka yang memang begitu tertarik dengan cokelat, tempat ini juga menyediakan kelas memasak cokelat untuk pengunjungnya.

4. Candi Penataran, Blitar

Candi Penataran atau ada yang menyebut Candi Palah merupakan peninggalan bersejarah berupa prasasti terluas di Jawa Timur lho. Candi yang terletak di Desa Penataran ini masih berdiri kokoh dan belum mengalami rekonstruksi.

Candi Penataran, Blitar

Jika anda berkunjung ke Candi Penataran kamu akan disambut dengan dua arca dwipala pada bagian depan.  Ada 3 komplek bangunan yang menarik wisatawan di Candi Penataran ini yaitu Candi Candra sengkala yang merupakan bangunan tertinggi, Candi naga dengan relief naga pada bangunan candi, dan candi utama yang terletak dibagian paling belakang yang merupakan induk dari candi lain. 

5. Wisata Alam Pacuh

Berpindah sedikit dari Candi Penataran ada wisata unik nan elok di Blitar yaitu Wisata Alam Pacuh atau Telaga Paco.  Tempat wisata yang satu ini awalnya merupakan perkebunan karet yang kemudian disulap menjadi tempat wisata yang menarik.

Wisata Alam Pacuh

Kawasan wisata yang menempati luas 5.1 ha ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan alam, menikmati tenangnya air telaga dan sejuknya rerimbunan pohon  karet. 

6. Curug dan Kedung Badrun

Nah ini dia wisata yang saat ini sedang populer, meski tergolong wisata baru Curug dan Kedung Badrun ini sudah menarik banyak wisatawan karena pesona alamnya yang begitu menawan. Curug dan Kedung Badrun ini terletak di Dusun Bakung, Desa Bakung, Kecamatan Bakung, Blitar.

Curug dan Kedung Badrun

Di tempat ini kamu bisa menikmati mandi di kolam yang jernih dan bersih beratapkan langit yang membentang,  di Curug Badrun kamu bisa melihat curug bertingkat dengan ketinggian sekitar 8 meter dengan luas kedung kira kira 10 meter.  Bagi kamu yang suka hunting foto kekinian, tempat ini cocok banget gaes!

7. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru menawarkan paket wisata komplit yaitu hamparan pasir putih pantai disertai indahnya alir terjun yang mengalir, ditambah dengan tebing tebing yang menambah megah pemandangan di Pantai Umbul Waru.

Pantai Umbul Waru

Pantai Umbulwaru terletak di wilayah Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Blitar. Meski harus menempuh perjalanan yang cukup susah keindahan yang ditawarkan pantai Umbulwaru ini tetap tak membuat para pengunjungnya gentar. Gimana, apakah kamu sudah tertarik untuk mencoba mengunjungi destinasi wisata yang satu ini?

8. Makam Bung Karno

Kalau ke Blitar belum ke Makam Bung Karno rasanya belum komplit. Yap, Blitar terkenal dengan nama Kota Proklamator karena terdapat Makam Bung Karno. wisata ini berlokasi di Desa Bendogerit, sekitar 3 km di utara dari pusat Kota Blitar. Bangunan museum ini berbentuk rumah joglo khas jawa.

Makam Bung Karno

Wisata ini sangat recomended untuk kamu pecinta sejarah, karena didalamnya terdapat perpustakaan yang berisi koleksi buku-buku tulisan Bung Karno, selain itu didalamnya banyak disimpan benda-benda peninggalan Bung Karno.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai tempat-tempat wisata yang berada di Kota dengan julukan Kota Proklamator. Selain tempat-tempat di atas, masih banyak destinasi wisata yang bertajuk alam, sejarah, maupun budaya yang terdapat di Kota Blitar ini yang bisa kamu kunjungi ketika berada di sini.

Berlangganan via Email