Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Daftar Destinasi Ekowisata Terbaru di Indonesia untuk Liburan 2021

 

Ekowisata ataupun ecotourism merupakan aktivitas liburan berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek pelestarian alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi penduduk lokal, dan aspek pengajian pengkajian serta pendidikan.

 wabah Covid- 19 sepanjang 2020 ini jelas membagikan uraian serta pengganti darmawisata terkini yang lebih aman dari penyebaran virus. Salah satu tipe darmawisata yang dianjurkan merupakan ekowisata itu. Perihal ini selaras dengan tujuan tidak cuma buat kesehatan namun pula menekan pemberdayaan publik serta alam.

Dikutip dari web Indonesia Travel pada Kamis( 31/12/2020), terdapat 10 destinasi ekowisata di Indonesia yang memperkenalkan kehebohan liburan serta berhubungan dengan alam. Ikuti deretan destinasi ekowisata ini buat jadi calon darmawisata Kamu pada 2021.

1. Tangkahan, Sumatera Utara

Di Tangkahan Kamu dapat menemukan gajah liar, panorama alam hutan yang masih natural, hawa fresh, perairan dengan air yang amat bening. Berbagai kegiatan mulai dari trekking, river tubing, berkemah, sampai memandikan gajah dapat dicoba di destinasi ini.

2.Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Tanjung Puting ini mempunyai besar 415 hektare. Disini terdapat sebagian ekosistem ialah hutan hujan tropis, dataran rendah, hutan tanah kering, hutan rawa air tawar, hutan bakau, hutan pesisir laut, serta hutan sekunder. Disini pula Kamu dapat menemukan lutung merah, kucing hutan, bekantan, beruang, kancil, serta lebih dari 200 tipe burung. Taman Nasional Tanjung Putting pula pusat rehabilitasi orang utan dengan jumlah kurang lebih 30. 000 orang utan.

3. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Taman nasional ini sesungguhnya terdiri dari 3 pulau besar, ialah Pulau Komodo, Pulau Rinca, serta Pulau Padar. Tidak hanya jadi habitat buat komodo, Taman Nasional Komodo jua jadi rumah untuk ratusan spesies binatang darat lain, misalnya; ular, kadal, tikus Rinca, kuda, kerbau, babi hutan, kelelawar buah, rusa Timor, serta lebih dari 40 spesies burung.

4. Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Disini sering diadakan pementasan gajah, dan terdapat beberapa binatang yang keberadaannya nyaris punah sekalian yang dilindungi, di antara lain merupakan gembong sumatera serta badak sumatera.

5. Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat mempunyai keindahan laut dengan air yang biru, panorama alam bawah air yang sungguh rupawan, serta lanskap perbukitan yang menantang. Pengunjung dapat melihat keindahan alam yang disajikan ataupun dapat menyelam buat melihat berbagai macam biota laut yang tidak dapat ditemui di tempat lain.

6. Kawah Ijen, Jawa Timur

Disini, terjalin keajaiban sangat jarang yang disebut api biru. Kejadian api biru ataupun yang kerap dituturkan blue fire ini ialah kejadian sangat jarang yang cuma terdapat 2 di dunia, ialah di Indonesia serta Islandia. Api biru itu terbentuk dari gas belerang yang dibakar dikala terhampar hawa dari luar. Kejadian api biru terus menjadi luar biasa dengan semburat merah- jingga panorama alam matahari terbit.

7. Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh

Taman nasional ini ialah rumah untuk flora serta fauna langka, antara lain kucing hutan, siamang, harimau sumatera, badak sumatera, kambing hutan. Kegiatan penting yang sangat banyak dicoba turis di taman nasional ini adalah menaklukan Gunung Leuser dengan menaiki yang mengonsumsi durasi kurang lebih 10- 14 hari ekspedisi.

8. Pulau Nusa Penida, Bali

Pulau kecil ini mempunyai daya tarik yang luar biasa berbentuk pantai pasir putih

yang eksentrik semacam di Pantai Atuh Nusa Penida, serta panorama alam yang luar biasa dari atas tebing di bagian selatan Pulau Nusa Penida yang mengarah ke Samudra Hindia. Sebagian destinasi sangat terkenal yang biasa didatangi buat melihat panorama alam Samudra Hindia merupakan Banah Cliff, Bukit Pantai Kelingking Nusa Penida, serta Saren Cliff.

9. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Terdapat banyak sekali terumbu karang yang bagus dan puluhan tipe ikan menghuni halaman nasional yang terdapat di Sulawesi Utara ini.

10. Desa Wisata Tembi, Daerah Istimewa Yogyakarta

Disini turis dapat menghirup hawa segar, menikmati panorama alam hijau sawah, serta merasakan dengan cara langsung kearifan budaya lokal. turis dapat berkelana desa dengan mengemudikan delman, becak, kereta mini, ataupun sepeda onthel. Desa Darmawisata Tembi pula memiliki Museum Rumah Budaya Tembi di dalamnya terdapat bermacam barang peninggalan Jawa semacam keris, gamelan, dan lainnya. 

Berlangganan via Email